Membuat WordPress functions.php Lebih Mudah dengan WPFunction

Bagi Anda yang sudah terbiasa dengan ngoprek atau membuat sendiri WordPress Theme dari nol, pastinya sudah mengetahui struktur file yang ada di dalamnya. Salah satunya adalah funtions.php yang pada umumnya dijumpai pada WordPress Theme.

WPFunction

funtions.php ini memiliki banyak fungsi, yang intinya adalah membuat fungsi-fungsi PHP seperti pada sebuah plugin. Jadi tanpa menggunakan plugin, funtions.php sudah bisa mengaktifkan fitur-fitur yang secara default tidak muncul di WordPress Theme seperti, Post/Page Thumbnail, Custom Menu, Sidebar Widget, Custom Background, dan lainnya.

Terkadang kita kesulitan dalam mencari baris-baris fungsi agar fitur-fitur di atas bisa ditampilkan di WP Theme yang kita buat. Daripada kesulitan dan terlalu lama mencari di Mbah Google, saya sarankan untuk membuka www.function.me. Dalam WPFuntion.me ditampilkan fungsi-fungs (snippets) yang mana sudah dikelompokkan ke dalam 5 kategori; Appreance, Functionality, Images, Performance, dan Security.

Jadi, Anda tinggal pilih fitur-fitur mana yang ingin diaktifkan dalam WP Theme Anda, kemudian checklist dan klik Get Your Code!

4 thoughts on “Membuat WordPress functions.php Lebih Mudah dengan WPFunction

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s